05 March 2015

Sejarah Asal Kayu Balsa

Dari mana kayu balsa berasal?

pohon kayu balsa atau ochroma lagopus
Pohon kayu balsa secara alami tumbuh di daerah hutan yg lembab dan berhujan di daratan Amerika Tengah dan Selatan, Jangkauan alamnya yang luas dan memanjang serta membentang ke Selatan mulai dari Guatemala melalui Amerika Tengah, di sebelah utara dan barat pantai Amerika Selatan sampai ke Bolivia. Akan tetapi, Ekuador yang merupakan negara kecil adalah merupakan sumber utama pesawat aeromodelling yang terbuat dari kayu balsa berkelas dunia. Iklim yang hangat dengan dengan curah hujan yang banyak serta dengan drainase yang baik sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan pohon kayu balsa. Karena alasan itulah pohon kayu balsa muncul dan pertumbuhan terbaiknya di tanah yang tinggi diantara sungai-sungai daerah tropis. 

Ekuador memiliki geografi dan iklim yag ideal untuk menanam pohon kayu balsa. Dalam bahasa ilmiahnya  kayu balsa disebut sebagai "ochroma lagopus". Kata Balsa itu sendiri berasal dari Spanyol yang berarti "rakit", mengacu pada kualitas pengapungan yang sangat baik. Di Ekuador dikenal sebagai Boya, berarti pelampung.


Kayu balsa Ekuador  adalah merupakan balsa yang terbaik di dunia. Ekuador mengekspor 95% dari kayu ini kepada dunia. Hal ini di karenakan perbandingan bobotnya ringan terhadap kekuatannya. Pohon kayu balsa tumbuh sangat cepat dan setiap perkebunan yang tepat (lembah Ekuador-Guayashanya membutuhkan sekitar 6-10 tahun untuk siap dipotong atau dipanen.

Pohon ini sebenarnya membantu melestarikan kanopi hutan tropis. Jadi, sangat ekologis menggunakan balsa di banyak aplicakasi seperti pesawat, kapal, mobil, papan selancar, baling-baling turbin angin, dan bahkan dalam roket technologi NASA . Balsa memiliki sifat insulasi yang sangat baik juga. Kayu balsa Ekuador telah dipilih oleh pemerintah China  untuk menjadi pemasok utama mereka baru-baru ini karena kualitas dan harganya  yang baik

No comments:

Post a Comment