06 March 2015

sifat dan kegunaan kayu balsa

Kenyataan pohon kayu balsa

Pohon kayu balsa atau juga dikenal oleh sebagian orang sebagai pohon-pohon kayu gabus tumbuh di perkebunan di daerah tropis Amerika Selatan dan Tengah. Pohon balsa tumbuh setinggi 20 meter dalam waktu 6 sampai 7 tahun. Pohon balsa kemudian memiliki diameter dari 50-60 cm. Kayu balsa memiliki rasa sehalus satin dan sering disebut kayu gabus karena ringan dan porositas. Kayu Balsa memiliki warna abu-abu atau putih dengan tanda-tanda merah muda atau kuning.

Daun dan Bunga pohon kayu balsa



Kelebihan Kegunaan Kayu Balsa


Kayu Balsa atau kayu gabus dapat dengan mudah ditangani dengan peralatan yang tajam. Begitu lembutnya fisik kayu balsa, pemotongan atau pembentukan dengan menggunakan pisau sudah bisa dilakukan dan tanpa  masalah. Kayu Balsa ini juga mudah untuk di lem.

Kekurangan Kegunaan kayu Balsa

Kayu balsa atau kayu gabus adalah sangat lembut/lunak. Kayu Balsa adalah fakta begitu lembut bahwa Anda dengan mudah penyok dengan jari Anda. Kelembutan Kayu Balsa ini membuatnya terlalu lunak untuk kuku atau sekrup. Membengkokkan Kayu Balsa benar juga bisa sulit.

Kepadatan dan ketahanan kayu Balsa

Berat rata-rata 1 m³ kayu balsa dengan kadar sebesar 12% adalah 160 kilogram.

Menggunakan kayu Balsa

Kayu Balsa atau kayu gabus yang terkenal untuk membangun model dan mainan. Kayu balsa sangat lembut dan ringan. Oleh karena itu kayu balsa ini sangat mudah untuk ditangani dengan tangan. Lain yang menggunakan kayu balsa: spline untuk kaki yang patah, anggota badan buatan, rakit, konstruksi berat ringan di pesawat dan materi inti untuk bentuk-bentuk sintetis.

Sumber: dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment